Tokyo,LiputanIslam.com-Menteri intelijen Israel mengklaim, jika tekanan Donald Trump atas Iran tidak berhasil, pihaknya berencana mengambil opsi militer secara independen demi mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Menurut laporan Reuters, saat ini Yitzhak Katz sedang berada di Tokyo guna menghimpun dukungan kepada rencana Trump memberlakukan tekanan lebih atas Iran.

Saat diwawancara di Tokyo, Katz berujar, bila upaya Trump tidak bisa menghalangi peningkatan kemampuan nuklir Iran, maka Israel akan bertindak sendirian.

“Harus ada perubahan dalam kesepakatan nuklir (JCPOA) hingga kita bisa yakin bahwa Iran tidak membuat senjata nuklir,”kata Katz.

Israel di masa lalu pernah melakukan sejumlah tindakan sepihak tanpa izin dari sekutu utamanya, Amerika. Salah satunya adalah serangan udara ke pangkalan militer Suriah tahun 2007 atau serangan serupa ke Irak di tahun 1981.

Jika Israel berani berhadapan dengan Iran secara militer, tentu ini akan membawa dampak destruktif bagi Rezim Zionis, di antaranya adalah serangan balasan Teheran dan goyahnya neraca ekonomi di pasar dunia. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL