Washington,LiputanIslam.com-Menjelang lawatan ketua komisi Eropa ke Amerika, Donald Trump mengusulkan agar Washington dan Uni Eropa secara serempak menghapus semua tarif dan kendala perdagangan serta bergerak menuju perdagangan bebas.

Menurut laporan The Hill, Trump dalam laman Twitter-nya menulis,”(Wakil) Uni Eropa akan datang ke Washington besok (Rabu, 25/7) untuk berunding soal kesepakatan dagang. Saya punya ide, yaitu bahwa Amerika dan juga UE menghapus semua tarif, kendala, dan subsidi.”

“Dengan demikian, kita akan memiliki pasar bebas dan perdagangan yang adil. Saya berharap mereka melakukannya. Kami sendiri siap, namun mereka tidak,”lanjutnya.

Padahal, hanya beberapa jam sebelum itu, Trump dalam tweet lainnya memuji kebijakan tarif yang diberlakukan Amerika. Dia menyebut negaranya seperti “celengan” yang dirampok.

Jean-Claude Juncker, ketua komisi Eropa, dijadwalkan bertemu dengan Trump dan para pejabat Amerika lain di Washington.

Kunjungan ini dilakukan saat perselisihan Amerika-Eropa, terutama di sektor perdagangan, tengah mencapai titik terpanas dalam beberapa tahun terakhir.

Amerika memberlakukan tarif 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor aluminium. Langkah ini mendapat tanggapan keras dari Uni Eropa, Meksiko, dan Kanada. Mereka lalu melakukan hal serupa terhadap barang-barang impor dari Amerika.

Menteri keuangan Prancis, Bruno Le Maire, di sela-sela pertemuan para wakil anggota G-20 menyatakan, selama Amerika tidak mencabut tarif bea cukai baja, Uni Eropa tak akan berunding dengan Washington soal kesepakatan perdagangan. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*