Riyadh,LiputanIslam.com—Mohammad bin Salman telah melakukan perundingan dengan Mahmoud Abbas untuk membahas persoalan konflik Israel-Palestina  di tengah gejolak yang terjadi pasca pengakuan yang dikeluarkan Presiden AS, Donald Trum, bahwa Yerussalem adalah Ibu Kota untuk Israel.

Calon pengganti Raja Arab Saudi itu telah berusaha meyakinkan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, untuk menerima rencana perdamaian yang diajukan oleh Trump dan di saat yang sama memberikan Kota Suci Yerussalem kepada Israel.

Mohammad bin Salman meyakini bahwa hanya Washington saja yang mampu menjadi penengah konflik antara Israel dan Palestina. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada kekuatas selain AS yang mampu untuk menghentikan konflik antara Israel dan Palestina.

“Hanya AS yang mampu memberikan pengaruh terhadap Israel. Hanya AS lah satu-satunya negara yang dapat menekan Israel agar perdamaian segera terwujud, bukan negara lain termasuk Uni Eropa, Rusia, atau pun Cinam” ucap putera mahkota tersebut.

Keputusan yang diambil oleh Arab Saudi untuk mendukung langkah AS memang tidak terlalu mengejutkan. Sebab, di antara kedua telah terjalin hubungan timbal balik yang “mesra”. Beberapa waktu lalu, Arab Saudi menyambut kedatangan Presiden AS, Donald Trump, ke negaranya dan memberikan hadiah bernilai tinggi kepada presiden AS itu. Selain itu, negeri kaya minyak ini juga telah menjalin kerjasama dengan AS, di antaranya adalah kerjasama militer yang diikuti oleh perjanjian jual beli senjata AS kepada Arab Saudi.

Meski begitu, keputusan Arab Saudi tersebut cukup menyakiti hati umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, Arab Saudi dianggap memiliki kekuatan yang cukup untuk menekan Israel dan AS untuk menindas rakyat Palestina. Hingga kini, rakyat Palestina tengah berjuang membela tanah airnya yang direbut oleh militer Israel. Sementara itu, suara umat Muslim untuk mendukung kemerdekaan Palestina tidak sepenuhnya ada. Beberapa negara Arab justru memilih untuk mendukung AS ketimbang rakyat Palestina.(fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL