Moskow,LiputanIslam.com-Presiden Rusia mengumumkan, pilot yang menyelamatkan 233 penumpang dengan mendarat darurat di ladang jagung, akan dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Di awal rapat dengan anggota Dewan Keamanan Rusia, Vladimir Putin juga menyatakan akan memberi medali keberanian kepada para kru pesawat tersebut.

Pada hari Kamis (15/8) lalu, sebuah pesawat penumpang A321 dari maskapai Ural Airlines lepas landas dari bandara Zhukovsky, Moskow. Pesawat yang membawa 226 penumpang dan 7 kru itu mengalami masalah teknis dan terpaksa mendarat darurat. Akibatnya, 23 orang mengalami cedera.

Baca: Rusia Peringatkan Turki Soal Kelompok Teroris di Idlib

Menurut laporan, beberapa menit usai lepas landas, pilot menyadari bahwa motor pesawat bertabrakan dengan sekelompok burung camar. Tabrakan itu menyebabkan kerusakan teknis yang memaksanya untuk kembali ke bandara.

Lantaran ada kemungkinan pesawat itu tidak bisa sampai ke bandara, akhirnya pilot memutuskan untuk mendaratkannya di ladang jagung dekat Moskow.

Menurut Ural Airlines, pesawat itu mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Saat ditanya media soal tanggapannya akan diangkat sebagai pahlawan nasional, Damir Yusupov (41 thn) berkata bahwa dia hanya menjalankan tugasnya. Pilot Muslim itu menegaskan, siapa pun yang berada di posisinya akan melakukan hal serupa.

“Awalnya saya ingin kembali ke bandara. Namun segalanya terjadi dengan sangat cepat. Akhirnya saya memutuskan untuk mendarat darurat di atas tanah,”kata Yusupov. (af/alalam)

Baca Juga:

Krisis Finansial, Presiden Palestina Pecat Seluruh Penasihatnya

Assad: Terjadi Perkembangan Positif di Bidang Militer dan Politik di Suriah

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*