حمایت مالی داماد ترامپ از شهرک های صهیونیستیWashington,LiputanIslam.comAl-Alam mengutip laporan dari situs Arabi21, bahwa Jared Kushner, menantu Trump, memberikan bantuan dana untuk kelompok bernama “American Friends of Beit El Yeshiva.” Fakta ini dibeberkan oleh media terkenal Israel, Haaretz.

American Friends of Beit El Yeshiva adalah sebuah organisasi Amerika. Organisasi ini melindungi pemukiman-pemukiman Yahudi yang ditempati para Zionis radikal. Jared Kushner adalah anggota organisasi ini. Kedua orangtuanya mendirikan yayasan ini dengan nama “Charles and Seryl Kushner Foundation.”

Di tahun 2009, Haaretz juga mengungkapkan bahwa pemukiman Yahudi Beit El dibangun tanpa surat izin. Menurut laporan Israeli Peace Movement, sekira 96,85 persen tanah tempat pemukiman itu dibangun adalah milik warga Palestina.

Haaretz melaporkan, organisasi American Friends of Beit El Yeshiva dikepalai oleh David Friedman. Friedman adalah orang yang memberikan saran kepada Trump terkait masalah Israel dan Palestina. Dia sekaligus merupakan pengacara properti Trump.

Yang menarik, pada Oktober lalu, Friedman pernah mengatakan bahwa pemukiman-pemukiman Yahudi itu ilegal.

Menurut koran Zionis ini, akhir November lalu, Trump menyatakan keinginannya untuk mengakhiri perseteruan Israel-Palestina, walau upaya-upaya pendamaian yang dilakukan para pendahulunya gagal.

Trump berkata kepada New York Times,”Saya berharap menjadi orang yang mendamaikan Israel dan Palestina. Ini akan menjadi sebuah kesuksesan besar.”

Haaretz melanjutkan, kendati Kementerian Luar Negeri Amerika menganggap pembangunan pemukiman Yahudi sebagai penghalang perdamaian, namun para konsultan Trump tak berpendapat serupa.

Haaretz juga mengungkapkan, yayasan Kushner memberikan bantuan dana untuk proyek “Ohr Torah Stone.” Proyek ini adalah cover untuk program pelatihan di pemukiman Yahudi Efrat.

Ohr Torah Stone digagas oleh Rabbi Shlomo Riskin. Dia termasuk orang yang pertama kali mengucapkan selamat atas kemenangan Trump di pilpres lalu. Riskin pernah menyatakan, dia berharap banyak kepada Trump, karena dia berniat memindahkan kedubes Amerika ke Jerusalem.

Di akhir laporan, Haaretz menulis bahwa Kushner juga menyokong sejumlah yayasan Yahudi di Amerika, termasuk kelompok radikal Chabad. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL