Amman,LiputanIslam.com-Sebuah koran terbitan Yordania mengabarkan, seorang petinggi ISIS berniat menghidupkan kembali kelompoknya atau membentuk kelompok yang sepaham dengannya di barat Irak.

Menurut harian Amman, rencana ini akan dijalankan oleh Abu Yahya al-Iraqi, menyusul kekalahan militer yang diderita ISIS di Irak.

“ISIS berencana menghidupkan organisasinya kembali di Irak melalui elemen-elemennya yang masih tersisa di negara tersebut,”demikian dilansir Amman berdasarkan kutipan dari sejumlah sumber Irak.

Sumber-sumber tersebut menyatakan, al-Iraqi secara diam-diam telah membentuk sebuah kelompok bersenjata di Wadi Hauran, sebelah barat al-Anbar. Kelompok itu disebut-sebut melakukan aktivitasnya secara rahasia. Mereka dikabarkan akan menampakkan diri secara mendadak saat wacana kembalinya ISIS mengemuka.

Hingga kini, sejumlah kabar tentang kondisi kesehatan Abu Bakar al-Baghdadi, ‘khalifah’ ISIS, telah menyebar. Kabar terakhir pada bulan ini menyatakan, Kementerian Dalam Negeri Irak mengumumkan,”Sesuai info yang kami terima, dia (al-Baghdadi) menderita luka parah yang kemungkinan besar akan menyebabkan kematiannya.”

Menurut Abu Ali al-Bashri, staf umum keamanan Irak, pemimpin kelompok ini telah dipindahkan ke rumah sakit ISIS di kawasan al-Jazirah, Suriah. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*