Riyadh,LiputanIslam.com-Pasca diumumkannya pengangkatan Muhammad bin Salman sebagai putra mahkota baru kerajaan Saudi, seorang pejabat Israel menyatakan, penobatan ini akan memperkuat hubungan Saudi-Israel serta menguntungkan ekonomi kedua negara.

Harian al-Quds al-Arabi menulis, media-media Israel juga menyambut gembira penobatan Bin Salman sebagai putra mahkota. Mereka beralasan, Bin Salman telah berkali-kali bertemu dengan para pejabat Israel dan penobatannya merupakan harapan orang-orang Israel.

Ayoob Kara dalam laman Facebook-nya memberi ucapan selamat kepada Bin Salman. Dia menulis,”Saya harap penobatan ini akan mendukung perdamaian (Israel) dengan Riyadh dan para sekutunya, juga meningkatkan kekuatan perang melawan terorisme dan radikalisme Islam yang dipimpin Iran.”

Menurut laporan al-Quds al-Arabi yang dikutip dari Yedioth Ahronoth, Muhammad bin Salman kerap bertemu dengan para pejabat Israel. Dia dikenal di antara mereka dengan nama sandi “The Boy.”

Smadar Perry, penulis laporan ini, menulis,”Israel dan Saudi memiliki kawan dan lawan bersama, juga kepentingan serupa. Namun tampaknya Bin Salman tak akan segera mengungkap potensi kerjasamanya dengan Israel secara terbuka. Dia akan berupaya merahasiakan kerjasama-kerjasama ini.”

Perry tidak menyebutkan waktu, tempat, dan jumlah pertemuan-pertemuan Bin Salman. Namun menurut harian Haaretz, pertemuan-pertemuan Saudi-Israel dalam dua tahun terakhir dilakukan di kota Eilat di pesisir Laut Merah. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL