eae26392-acfb-4907-bbd7-5067f6db9b8eKairo, LiputanIslam.com-Menyusul ketegangan antara Kairo dan Riyadh terkait Suriah dan Yaman, media-media Mesir mengkritik keras kebijakan dinasti Saud.

Ketegangan antara dua negara ini muncul karena Mesir mendukung draft resolusi Rusia terkait Suriah, sementara Saudi menolak keras draft ini.

Sikap Kairo membuat Aramco, perusahaan minyak Saudi, menghentikan pengiriman 7000 ton hasil minyak ke Mesir di bulan ini.

Ahmad Musa, seorang figur televisi terkenal di Mesir, mengecam Saudi dalam acara talk show-nya Selasa malam. Ia menyatakan dukungannya terhadap hastag #EgyptWillNotKneel di dunia maya.

“Kami akan melawan siapa pun yang melakukan konspirasi atas kami dan memaksa kami menyerah,”ujarnya.

Khalid Shalah, redaktur koran pemerintah al-Yaum al-Sabi’, juga menyatakan, rakyat Mesir mesti menahan diri melakukan haji dan umrah selama setahun, sebab ini akan menghemat anggaran Mesir.

Menurut para pakar, ketegangan antara Kairo dan Riyadh mungkin bisa berujung pada menjauhnya Abdul Fatah al-Sisi, Presiden Mesir, dari salah satu pendukung utamanya. Ketegangan ini juga pertanda adanya perselisihan pendapat yang sudah ada sejak lama antara dua negara ini terkait isu-isu penting Timteng.

Semenjak meraih kekuasaan di tahun 2013, al-Sisi mengandalkan dukungan rezim Saudi. Riyadh telah memberikan bantuan milyaran dolar kepada al-Sisi sejak saat itu.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Arabi al-Jadid, seorang pejabat Departemen Perminyakan Mesir mengatakan, sikap Saudi menghentikan pengiriman minyak adalah keputusan politis. Kondisi ini mungkin berlanjut hingga akhir tahun ini.

Rabu lusa, koran al-Watan merilis laporan berjudul “Saudi Akan Membayar Harga Dukungannya Terhadap Terorisme.” Koran ini mengecam keras kebijakan luar negeri Raja Salman, penguasa Saudi. Dia dianggap menyokong kelompok teroris Front Pembebasan Syam di Suriah dan Ikhwanul Muslimin di Yaman.(AF/presstv.fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL