TelAviv,LiputanIslam.com-Sebuah harian terbitan Israel menulis, kegagalan Donald Trump dalam menyatukan sekutunya untuk mendukung kebijakannya soal al-Quds di PBB, merupakan sebuah hadiah untuk Iran.

Haaretz menyatakan, pengesahan resolusi al-Quds yang didukung mayoritas anggota-anggota PBB merupakan bukti ketidakpercayaan terhadap presiden Amerika. Resolusi ini akan menyulitkan upaya Israel di masa depan jika hendak mengumpulkan dukungan dunia guna menekan Iran atau musuh lainnya.

Perbedaan pendapat Amerika dengan Uni Eropa, Rusia, dan China terkait embargo atas Iran dan JCPOA berpengaruh besar dalam suara mereka soal status al-Quds. Harian Israel ini menilai, jika kelak Amerika menggulirkan sebuah rencana untukdraf atas Iran di PBB, potensi penentangan terhadap rencana itu sangat besar “hanya karena rencana itu digagas oleh Trump.” Hal ini tentu sangat merugikan Israel.

Haaretz mengklaim, dari sudut pandang Iran dan negara-negara Arab, pemungutan suara di PBB tidak bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi.

Trump dikabarkan akan mengumumkan sikapnya terkait kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) pada pertengahan Januari nanti. Situasi yang dialami Amerika di PBB baru-baru ini bisa saja mengurangi dukungan dunia untuk Paman Sam. (af/alalam/mehr)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*