TelAviv,LiputanIslam.com-Menurut Israel National News, pertemuan Benyamin Netanyahu dengan para pemimpin Eropa hanya berkisar pada satu poros, yaitu Iran. Meski demikian, para pemimpin Eropa tampaknya tidak terpengaruh oleh kecemasan PM Israel tentang Iran. Bahkan, mereka justru menyinggung cara Israel menyikapi unjuk rasa damai warga Palestina.

Menurut Israel National News, satu-satunya ‘kesepakatan’ antara Netanyahu dengan para pemimpin Eropa adalah “perbedaan pandangan tentang Iran.”

Pada pekan lalu, PM Israel mengunjungi Jerman, Inggris, dan Prancis untuk mengubah pandangan mereka tentang Iran.

Netanyahu menyebut lawatannya ke tiga negara Eropa itu mendulang kesuksesan. Dia mengklaim telah meyakinkan Berlin, London, dan Paris untuk membuat kesepakatan interrnasional soal keluarnya Iran dari Suriah.

“Dalam perundingan-perundingan ini, saya telah menegaskan tindakan ekspansif Iran di kawasan, perkembangan terakhir regional, dan upaya Iran untuk mengukuhkan eksistensi militernya di Suriah,”ujar Netanyahu, saat menjelaskan hasil pertemuannya dengan Angela Merkel, Emmanuel Macron, dan Theresa May.

“Para pemimpin tiga negara ini menyetujui tujuan utama saya, yaitu kesepakatan internasional soal keharusan Iran angkat kaki dari Suriah. Ini tujuan lawatan saya dan telah terwujud.”

Berlawanan dengan klaim Netanyahu, para pengamat menilai bahwa lawatan Eropa itu tidak membawa hasil apa pun untuk Israel. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*