Washington,LiputanIslam.com-Situs Global Research mengakui adanya bukti-bukti kuat bahwa AS dan Saudi mempersenjatai ISIS di Irak dan Suriah.

Dalam laporan pusat riset Amerika yang dipublikasikan di media-media Irak, Minggu (1/4), juga disebutkan bahwa ISIS memperoleh bahan senjata kimia melalui para broker Turki.

Menurut Global Research, ada bukti-bukti kuat bahwa senjata-senjata yang dibeli AS dan Saudi dari Eropa Timur sampai ke tangan para teroris ISIS.

Washington dan Riyadh juga dikabarkan menggabungkan kelompok-kelompok teroris dukungan mereka ke dalam ISIS, juga menjual senjata kepada mereka melalui pasar gelap.

“Sebagian besar senjata-senjata yang telah diselidiki menunjukkan, AS dan Saudi tidak menjalankan satu pun kode etik dan aturan terkait distribusi senjata, hingga akhirnya ‘jatuh’ ke tangan ISIS,”demikian disebutkan dalam laporan tersebut.

Global Research mencontohkan laporan dari pemerintah Bulgaria sebagai bukti. Menurut laporan ini, Bulgaria menjual misil 40 milimeter jenis PG-7T buatannya melalui perusahaan AS, Kiesler Police Supply, kepada pemerintah Washington. Namun ternyata misil-misil itu ditemukan di kota al-Hasakah, Suriah. (af/alalam/irna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL