Washington,LiputanIslam.com-Sebuah majalah Amerika pada hari Senin (31/7) menulis, pembatalan kesepakatan nuklir antara Iran dan kelompok 5+1 adalah hal yang akan sangat menggembirakan Negeri Mullah.

Foreign Policy (FP) menyatakan,”Kesepakatan nuklir ini (JCPOA) sangat buruk. Jangka waktunya sangat pendek dan tidak menjamin komitmen Iran untuk memenuhi persyaratan minimal kesepakatan ini. Meski demikian, jika Trump berniat membatalkan JCPOA pada saat ini, itu adalah sebuah kekeliruan.”

FP mengklaim, kedaluwarsa JCPOA yang sangat singkat adalah salah satu kekurangan kesepakatan ini. “Membatalkan JCPOA pada saat ini justru akan memparah kondisi. Seharusnya Trump mencari kesepakatan yang jangka waktunya lebih lama, bukan yang lebih singkat,”tulisnya.

FP menambahkan,”Lebih buruk dari itu, dengan dicairkannya ratusan ribu dolar dari aset Iran dan disetujuinya investasi dan transaksi dagang dengan nilai serupa, Iran telah mendapat keuntungan dari kesepakatan nuklir ini. Sementara pihak-pihak lain tidak memperoleh keuntungan sama sekali.”

Media Amerika ini berpendapat, jika Paman Sam membatalkan kesepakatan nuklir dengan Iran, akan menjadi mustahil untuk mengajak dunia bersepakat guna menjatuhkan sanksi lebih berat terhadap Iran. (af/alalam/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL