Kabul,LiputanIslam.com—Senator Republik AS, John McCain, mengecam aksi militer AS di Afganistan yang telah berlangsung selama 16 tahun. Ia menyebut upaya Washington untuk memulihkan perdamaian di Afganistan telah menemui kegagalan.

Ucapan tersebut disampaikan oleh McCain dalam sebuah konferensi pers yang digelar di ibukota Afganistan, Kabul, pada Selasa (4/7). McCain datang ke Kabul untuk mengunjungi markas besar koalisi NATO yang berada di negara itu.

“Kita semua mungkin mengekspresikan keprihatinan dengan cara yang berbeda, namun tidak satu pun dari kita akan mengatakan bahwa kita telah sukses mewujudkan perdamaian di Afganistan,” ucapnya.

McCain menjelaskan bahwa kemenangan AS di Afganistan tidak bergantung pada kalah atau menangnya militer melawan Taliban. “Menang adalah ketika kita dapat merebut kembali kendali negara dari tangan Taliban atau berhasil melakukan genjatan senjata dengan mereka,” kata McCain. “Orang-orang Taliban tidak akan mau bernegosiasi kecuali jika mereka berada dalam kondisi terdesak.”

Kecaman tersebut disampaikan setelah muncul laporan yang mengatakan bahwa Menteri Pertahanan AS, James Mattis, akan menyarankan pilihan strategis kepada Trump terkait dengan kondisi Afganistan pada pertengahan Juli mendatang.

Bulan lalu, presiden AS telah memberikan wewenang kepada Mattis untuk meningkatkan jumlah militernya di Afganistan. Sementara itu, McCain mengeluhkan hal ini, karena baginya Trump tidak menawarkan strategi baru yang berbeda dari pendahulunya, Barack Obama.

Saat ini, Trump tetap berencana untuk menurunkan ribuan tentara ke negara yang sedang dilanda perang tersebut. Baru-baru ini, 9.000 tentara AS telah menjejakkan kaki di Afganistan. Washington mengklaim bahwa kehadiran ribuan militer ini dimaksudkan untuk merebut kendali negara dan mengusir kelompok militan Taliban dan ISIS, hinggga kekuatan militer Afgan benar-benar siap untuk memegang tanggung jawab ini. (fd/Presstv)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL