Washington,LiputanIslam.com-Menteri Pertahanan AS menyampaikan tanggapannya terhadap usul Prancis dan Jerman untuk membentuk pasukan Eropa. Jenderal James Mattis menegaskan, hanya NATO yang merupakan fondasi perlindungan atas Eropa.

Dilansir dari Reuters, di awal pertemuan dengan rekan sejawatnya dari Polandia, Mattis ditanya apakah dia mendukung ide pembentukan pasukan Eropa. Dia menjawab,”Di bidang keamanan, kami menganggap NATO sebagai batu fondasi penjagaan atas benua Eropa. Kami juga mendukung tindakan yang dilakukan negara-negara anggota untuk mengurangi beban ini.”

Pada pekan lalu, Emmanuel Macron (presiden Prancis) menggulirkan ide pembentukan tentara Eropa ini. Dia mengatakan, perjanjian pelarangan rudal nuklir jarak menengah (INF) adalah wakil keamanan Eropa. Macron berujar bahwa Eropa harus memiliki tentaranya sendiri.

Menteri pertahanan Jerman pada hari Selasa (13/11) turut menyuarakan dukungan terhadap gagasan pembentukan tentara Eropa.

Di pihak lain, Donald Trump menganggap ide ini “sangat merendahkan.” Presiden AS mengatakan, sebaiknya Eropa terlebih dahulu membayar jatahnya kepada NATO. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*