Washington,LiputanIslam.com-Menteri Pertahanan AS kembali menyuarakan dukungannya untuk niat Donald Trump membentuk “pasukan antariksa.” Demikian dilaporkan situs berita The Hill.

Padahal sebelum ini, James Mattis meminta dari para legislator dan anggota parlemen AS agar menentang rencana tersebut.

Dalam penerbangan menuju Brasil, ditujukan kepada para jurnalis dalam pesawat, Mattis mengatakan,”Awalnya saya menentang pembentukan cabang baru di angkatan bersenjata, sebab pemerintah tidak menjelaskan proyek ini secara rinci kepada Pentagon.”

“Namun kini saya menyetujui pembentukan Pasukan Antariksa. Yang saya tentang adalah ketergesa-gesaan dalam mengadakan proyek ini sebelum semua kendala diatasi. Kita butuh satu tahun atau lebih untuk mengatasi masalah yang ada,”lanjutnya.

Hal ini disampaikan Mattis usai Mike Pence (wakil presiden AS) mengabarkan tahap awal pembentukan Pasukan Antariksa saat berkunjung ke Pentagon.

Pada Juli 2017, Mattis mengirim surat kepada Michael Turner (senator dari Ohio) dan memintanya meyakinkan legislator AS untuk menentang ide pembentukan Pasukan Antariksa. Dalam surat tersebut, Mattis menulis,”Saya sangat bersikeras agar Kongres mengkaji ulang pembentukan cabang baru (Pasukan Antariksa).”

Namun pekan lalu, sebelum kunjungan Pence ke Pentagon, Mattis mengubah pendiriannya dan menyatakan, proyek ini selaras dengan upaya untuk mempertahankan kepentingan AS di luar angkasa.

Wakil Mattis, Pat Shanahan, mengutarakan bahwa atasannya menentang proyek Pasukan Antariksa karena khawatir ada pemotongan anggaran untuk Pentagon di sektor-sektor lain. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*