Rabat,LiputanIslam.com-Pemerintah Maroko pada  hari Selasa (1/5) mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran. Demikian dilansir oleh kantor berita Reuters.

Rabat mengambil tindakan ini karena menuduh Teheran menyokong kelompok politik-militer “Front Polisario.” Kelompok ini berseteru dengan pemerintah Maroko untuk menguasai kawasan sengketa di Sahara Barat.

Menurut pernyataan kementerian luar negeri Maroko, kedubes negara ini di Teheran akan ditutup. Di pihak lain, dubes Iran di Rabat juga diminta untuk meninggalkan Maroko.

Sebelum ini, Hizbullah Lebanon dalam statemennya membantah tuduhan dan klaim menlu Maroko. Hizbullah juga dituding mendukung Front Polisario dan melatih anggota-anggotanya. Hizbullah menyatakan, sangat disesalkan bahwa Maroko melontarkan tuduhan semacam ini lantaran tekanan dari Amerika, Israel, dan Arab Saudi.

Hizbullah melalui statemennya menegaskan, sebaiknya kementerian luar negeri Maroko mencari dalih lain yang lebih kuat dan meyakinkan untuk memutus hubungan dengan Iran. Iran, menurut Hizbullah, selalu bersama bangsa Palestina dan memperjuangkan nilai-nilainya daripada mencari-cari dalih absurd dan tak berdasar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*