Su-34Damaskus, LiputanIslam.com — Juru bicara kementrian Rusia Igor Konashenkov mengumumkan pada hari Rabu (31/12/2015) bahwa jet tempur Rusia telah menghancurkan 20 tanker minyak ISIS di Idlib. Sedianya, minyak curian itu akan diselundupkan ke Turki. Rusia juga telah menghancurkan 6 kilang minyak yang dikuasai oleh ISIS di provinsi Deir Ezzor dalam dua hari terakhir.

“Iring-iringan tanker truk di area perbatasa Turki dan Suriah dikawal oleh kendaraan yang dilengkapi dengan senjata anti-pesawat. Karena itu, Rusia mengerahkan Su-34 untuk membidik target. Dalam 48 jam terakhir, 121 sorti telah diluncurkan dan menargetkan 424 teroris di Suriah, tepatnya di Aleppo, Idlib, Latakia, Hama, Homs, Damaskus, Daraa, Raqqa, dan Deir az-Zor, ” jelas Igor panjang lebar.

“Kami menerima data dari Pusat Informasi Baghdada bahwa kelompok teroris telah mengaktifkan sistem pertahanan anti-pesawat Osa, yang berhasil mereka jarah dari pasukan Suriah di Damaskus. Sistem tersebut disamarkan, namun berhasil dihancurkan Angkatan Udara Rusia dengan peledak BETAB-500,” tambahnya lagi.

Jet tempur Rusia juga telah menghancurkan pangkalan ISIS di Homs. “Di kota Mhin, provinisi Homs, jet tempur Su-34 menyerang benteng pertahanan ISIS. Perlengkapan militer seperti senjata, lima kendaraan, satu mobil tempur dan empat truk yang penuh dengan senjata juga telah dihancurkan.”

Igor juga mengatakan bahwa Su-34 telah memborbadir bangunan yang menjadi tempat pertemuan komandan ISIS di Raqqa, setelah mereka menerima informasi dari opoisisi Suriah (non-ISIS).

Jet tempur Su-25 juga telah menghancurkan benteng teroris di provinsi Aleppo. Menghancurkan artileri dan depot senjata di Hama. Selain itu, jet tempur Rusia juga mengebom depot senjata milik Jabhat al-Nusra di Idlib, seperti yang dilaporkan Sputnik. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL