Sana’a,LiputanIslam.com—Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, mengatakan pada Senin (21/8), bahwa dirinya akan tetap melanjutkan kerjasama dengan gerakan Houthi Ansarullah di Yaman untuk melawan agresi militer pimpinan Arab Saudi atas Yaman.

“Tak hanya itu, Saleh juga mengatakan bahwa Arab Saudi mencoba untuk menghancurkan kedaulatan dan kemerdekaan Yaman melalui kampanye militer ke negara ini,” ungkap stasiun TV Lebanon, al-Mayadeen.

Saleh dan Houthi telah bersatu bahkan sejak aliansi militer pimpinan Arab Saudi pertama kali melakukan ekspansi militer ke negara ini sejak Maret 2015. Kampanye militer ini bertujuan untuk melenyapkan gerakan Houthi serta menegakkan kembali kepemimpinan presiden pendahulu Saleh, Abd Rabbuh Mansur Hadi yang dikenal dekat dengan Arab Saudi.

Kampanye militer Saudi atas Yaman hingga kini telah menewaskan 12.000 orang serta menyebabkan 70 persen penduduknya terjangkit wabah kolera mematikan, yang dikenal sebagai wabah kolera terburuk sepanjang sejarah. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL