Seoul,LiputanIslam.com-Reuters melaporkan, presiden Korsel yang telah dimakzulkan, Park Geun-hye, akhirnya ditahan atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Kabar ini disampaikan juru bicara sebuah pengadilan di Korsel, Kamis (30/3).

Geun-hye dimakzulkan Pengadilan Konstitusi Korsel pada pada 10 Maret lalu, menyusul demo besar-besaran yang dilakukan rakyat Korsel yang menuntut pengunduran dirinya.

Para pendemo juga menuntut untuk melangsungkan pemungutan suara dini dalam jangka waktu 60 hari mendatang.

Keputusan Pengadilan Konstitusi Korsel sejalan dengan keputusan Majelis Nasional yang telah mencabut kewenangan Geun-hye pada Desember tahun lalu.

Sejak tahun 1980, ini adalah kali pertama seorang presiden Korsel disingkirkan sebelum masa jabatannya berakhir.

Awal Maret lalu, pengadilan menuduh Geun-hye dan temannya, Choi Soon-sil, telah menerima suap dari perusahaan besar Korsel, Samsung.

Samsung dilaporkan menyerahkan jutaan dolar agar mendapat dukungan Geun-hye dan Soon-sil dalam sejumlah tindakan, termasuk akuisisi dua perusahaan.

Geun-hye juga dituduh memasukkan sekitar 10 ribu budayawan yang menentang kebijakannya dalam daftar hitam.

Oktober lalu, tersiar kabar bahwa presiden Korsel mengizinkan seorang teman dekatnya mencampuri urusan politik dan keuangan, padahal dia tidak memiliki jabatan apa pun dalam pemerintahan. Hal ini kemudian berujung pada pemakzulan Geun-hye. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL