KualaLumpur,LiputanIslam.com-Setelah Saudi mengklaim bahwa pejuang Ansharullah Yaman menembakkan rudal ke Makkah, deputi PM Malaysia menyatakan dukungan Kuala Lumpur terhadap program Riyadh untuk mengamankan Haramain.

Ahmad Zahid Hamidi juga mengatakan, negaranya mendukung tindakan militer Saudi atas Yaman.

Menurut laporan kantor berita resmi Malaysia, BERNAMA, Hamidi mengatakan,”Kami mendukung pemerintah Saudi, khususnya Raja Salman, terkait keamanan jemaah haji di Makkah dan Madinah.”

Sebelum ini, Mahathir Mohammad, mantan PM Malaysia, dan Mohammad Sabu, pemimpin Partai Amanah Malaysia, pernah menyatakan bahwa Saudi bukan sekutu tepat bagi Malaysia untuk menyebarkan sikap moderat di Dunia Islam dan perang terhadap terorisme.

Baru-baru ini, koalisi Saudi menuduh bahwa Ansharullah menembakkan rudal balistik ke dekat Makkah pada Kamis (27/7).

Padahal yang disasar rudal jarak menengah Ansharullah adalah pangkalan udara Raja Fahd di kota Thaif. Serangan ini menimbulkan kebakaran di pangkalan tersebut.

Hamidi yang memercayai klaim Saudi, mengatakan,”Mungkin mereka (Saudi dan Yaman) berbeda pendapat. Namun menghancurkan dua kota suci dan membunuh jemaah haji bukan cara untuk mewujudkan tujuan.”

Raja Kamarul Bahrin Shah, anggota parlemen Malaysia, mengatakan,”Kondisi di Yaman sangat memprihatinkan, sebab Amerika secara aktif membantu koalisi Saudi, yang mencakup Malaysia, dalam agresi terhadap negara kecil Yaman.” (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL