Moskow,LiputanIslam.com-Majelis Rendah Rusia (Duma) dikabarkan mengesahkan draft embargo terhadap AS dan para sekutunya. Tujuan embargo ini adalah balasan terhadap tindakan permusuhan Washington dan negara-negara lain yang menjatuhkan sanksi ekonomi atas Moskow.

Sanksi terbaru AS dijatuhkan pada April lalu terhadap 38 tokoh Rusia, meliputi 7 pejabat ekonomi dan 17 pejabat senior Negeri Beruang Merah. Sanksi ini dijatuhkan dengan dalih “tindakan-tindakan setan” yang mereka lakukan.

Daftar embargo Rusia terhadap AS mencakup pelarangan atau pembatasan impor produksi pertanian, bahan makanan, peralatan, perangkat lunak, juga masuknya warga AS ke Rusia.

Pemerintah Rusia juga diperkenankan melarang kerjasama perusahaan-perusahaan negara ini dengan korporasi-korporasi asing di bidang industri nuklir, dan aeronautika, juga partisipasi serikat-serikat asing dalam proses swastanisasi aset perkotaan atau pemerintah.

Rusia juga bisa saja meningkatkan biaya distribusi layanan udara serta mengembargo atau membatasi ekspor produk logam langka.

Usai disahkan di Majelis Duma, draft ini masih harus melewati tahap di Dewan Federasi, hingga akhirnya bisa dieksekusi usai ditandatangani Presiden Vladimir Putin. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*