NewYork,LiputanIslam.com-Presiden Prancis menanggapi kritikan Donald Trump terkait kenaikan harga minyak. Emmanuel Macron mengatakan, jika Iran leluasa menjual minyaknya, harga minyak dunia akan turun.

Dalam pidato di sidang umum PBB, Trump menyalahkan OPEC atas kenaikan harga minyak. Dia menyebut negara-negara anggota OPEC telah merampok negara-negara lain.

“Andai Trump tidak memberlakukan sanksi lagi atas Iran, niscaya harga minyak tak akan naik,”kata Macron dalam sidang umum PBB ke-73, Selasa (25/9).

“Jika dia (Trump) berpikir logis, dia akan sadar bahwa harga minyak bisa normal kembali jika Iran menjual minyaknya. Kondisi seperti ini bagus bagi perdamaian dan harga minyak dunia. Jika tidak, akan ada jalan buntu di kawasan yang tak bisa kita atasi. Ini adalah realitas ekonomi, yaitu adanya tawaran dan permintaan.”

Presiden Prancis mencontohkan JCPOA sebagai hasil upaya untuk mengatasi masalah melalui dialog. Dia berharap, masalah program rudal Iran juga bisa dibatasi dengan cara serupa.

“Bagaimana cara kami mengatasi masalah Iran? Apa yang menyebabkan kemajuan dalam hal ini? Apakah itu disebabkan kekuatan dari negara terkuat dunia? Sama sekali tidak. Kami sudah tahu bahwa situasi akan terus memburuk dari hari ke hari. Yang  bisa mencegahnya adalah kesepakatan 2015 (JCPOA),”terangnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*