Washington,LiputanIslam.com-Presiden Prancis yang sedang melawat ke AS mengutarakan pandangannya tentang kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Dalam konferensi bersama dengan presiden AS, Emmanuel Macron mengatakan,”Kita menginginkan stabilitas yang langgeng. Saya yakin, perbincangan dengan Presiden Trump akan melapangkan jalan untuk menjalin kesepakatan baru dengan Iran.”

“Ini bukan tentang merobek JCPOA, tapi upaya meraih kesepakatan yang akan menghapus semua kekhawatiran kita,”tambahnya.

Menurut Macron, kesepakatan baru dengan Iran mesti mengandung butir-butir khusus, termasuk pembatasan program nuklir Iran hingga 2025, pencegahan Iran memiliki senjata nuklir, dan pembatasan program rudal serta aktivitasnya di kawasan.

Terkait dengan strategi negara-negara Barat di hadapan Iran dan Suriah, dia berkata,”Saya optimis dengan masa depan. Saya yakin, strategi ini adalah bagian dari ilustrasi besar yang menjamin kepentingan bersama kita.”

Dalam konferensi pers tersebut, Trump berkata bahwa negara-negara kaya Arab harus meningkatkan bantuan dana dan perannya di Suriah untuk menghadapi Iran.

“Kami melindungi negara-negara kaya di Timur Tengah. Mereka harus menanggung biaya untuk itu,”ujar Trump.

“Saya ingin AS segera keluar dari Suriah. Tapi sebelumnya kita harus yakin bahwa keluarnya AS tidak akan melapangkan jalan untuk Iran menuju Mediterania,”tambahnya.

Trump mengapresiasi partisipasi Prancis dalam serangan ke Suriah dan sekali lagi menuduh sekutu Damaskus telah melakukan serangan kimia. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*