London,LiputanIslam.com-Kedubes Rusia di Inggris menyatakan, para pejabat Inggris menghalang-halangi Moskow menjalin kontak dengan para pakar terkait kasus Skripal. Menurut kedubes Rusia, hal ini menciptakan situasi tak kondusif dalam penyelidikan London atas kasus ini.

Kemarin Gary Aitkenhead, direktur laboratorium persenjataan kimia Inggris, mengumumkan, pihaknya telah mengidentifikasi gas saraf yang digunakan untuk meracuni Skripal. Namun dia mengaku, tak ada bukti yang menunjukkan bahwa bahan kimia itu dibuat oleh Rusia.

“Sebelum ini, kami telah meminta dari kemenlu Inggris untuk mengatur pertemuan dengan Aitkenhead atau rekan sejawatnya. Namun kami tidak mendapat tanggapan. Oleh karena itu, kami menyimpulkan, pemerintah Inggris berniat menghalangi kedubes Rusia untuk menjalin kontak dengan para pakar kasus ini,”demikian disebutkan dalam statemen kedubes Rusia.

Kedubes Rusia menandaskan, pendapat Aitkenhead menunjukkan bahwa tuduhan London terkait keterlibatan Moskow dalam peracunan Skripal adalah dusta tak berdasar.

“Sejak awal kami tahu bahwa pernyataan pemerintah Inggris tentang gas saraf buatan Rusia adalah kebohongan. Sekarang hal ini telah ditegaskan sendiri oleh laboratorium Inggris. (Pernyataan Aitkenhead) bukti bahwa semua tuduhan atas Rusia hanya berlandaskan prasangka dan dugaan.” (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*