Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, secara keras mengkritik absennya Liga Arab dalam merespon gerakan ISIS di Suriah, sembari menyebut Organisasi itu sebagai organisasi yang tidak efektif.

“Kemana Liga Arab ketika rakyat Suriah di Aleppo terpenggal?” Tanya Rouhani dalam pidatonya yang digelar di Tehran, pada Selasa (21/11).

Komentar Rouhani disampaikan dua hari setelah Liga Arab menggelar rapat darurat di Kairo-Mesir atas permintaan Arab Saudi untuk membahas persoalan serangan rudal ke arah Bandara Internasional King Khalid di Riyadh pada 4 November lalu oleh pasukan Yaman.

Rapat tersebut akhirnya melahirkan tuduhan bahwa Iran telah mempersenjatai kelompok Houthi-Yaman.

Iran telah membantah klaim sepihak tersebut. Ketua IRGC mengatakan bahwa Iran tidak memiliki akses untuk menyuplai senjata ke Yaman karena negara itu telah diblokade oleh Arab Saudi.

Rouhani menyampaikan penyesalannya atas sejumlah orang yang berani menyebut diri mereka sebagai “orang-orang Muslim dan Arab” namun hanya fokus membahas persoalan rudal Yaman, yang diluncurkan sebagai respon atas agresi militer Saudi ke Yaman. (fd/Tehrantimes)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL