NewYork,LiputanIslam.com-Konferensi tahunan ke-7 “Jerusalem Post” yang dihadiri para tokoh Zionis dan Amerika, berlangsung Minggu (29/4) di Hotel Marriot Times Square, New York.

Konferensi sehari ini dihadiri sejumlah pejabat Israel seperti Avigdor Lieberman (menteri perang Israel), Gilad Erdan (menteri keamanan dalam negeri), Gila Gamliel (menteri kesetaraan sosial), Yoav Gallant (menteri perumahan), Tzachi Hanegbi (menteri kerjasama regional), dan Yisrael Katz (menteri intelijen).

Ehud Olmert (mantan perdana menteri Israel) dan Anthony Scaramucci (mantan penasihat senior Donald Trump) juga terlihat menghadiri konferensi tersebut.

Dalam konferensi kemarin, Lieberman mengatakan,”Tiga masalah yang dihadapi Israel adalah Iran, Iran, dan Iran! Kita akan menghalangi Iran membangun pangkalan di Suriah dengan segala cara.”

Terkait masalah Palestina, dia mengutip statemen putra mahkota Saudi bahwa Israel memiliki hak untuk bertahan di Tanah Pendudukan.

Katz menegaskan bahwa Iran harus disikapi secara tegas. Dia berpendapat, strategi tekanan dan embargo yang digunakan atas Korut sanggup untuk menjinakkan Iran. Cara ini, klaim Katz, lebih efektif daripada berdamai atau berkompromi dengan Iran.

Menteri intelijen Israel juga meminta agar pemerintahan Trump keluar dari JCPOA atau mengubahnya secara signifikan. Sementara di pihak lain, Amerika diminta negara-negara Eropa untuk tetap bertahan dalam kesepakatan nuklir tersebut.

Ben Cardin, senator Demokrat dari Maryland, juga memperingatkan AS agar jangan terburu-buru keluar dari JCPOA.

“Saya sepakat bahwa Iran tak bisa meraih teknologi senjata nuklir. Namun saya tak ingin melihat kita menjauhkan Amerika dari para sekutunya. Kita justru harus bekerjasama dengan masyarakat internasional untuk mengucilkan Iran,”kata Cardin.

Cardin berpendapat, jika Amerika terburu-buru keluar dari JCPOA tanpa ada program komprehensif usai keluar, justru Amerika yang akan terkucilkan. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL