TelAviv,LiputanIslam.com-Menteri Perang Israel menyatakan, Bashar Assad sanggup bertahan karena mendapat bantuan militer Iran. Avigdor Lieberman bahkan mengklaim, Rusia pun tak akan bisa mengalahkan ISIS andai Iran tidak turun tangan.

Lieberman mengutip klaim dari harian Independent soal bantuan yang diberikan Teheran kepada Pyongyang. Menurutnya, Korut tidak mampu memproduksi senjata nuklir tanpa dukungan Iran.

Dalam konferensi masalah keamanan Herzliya yang berlangsung Senin (11/9), Lieberman juga menuduh Iran sebagai sarang terorisme.

“Iran adalah sumber terorisme Syiah, juga meliputi terorisme Sunni seperti Hamas, Jihad Islam, bahkan al-Qaeda,”koarnya.

Lieberman mengklaim Iran telah berulangkali membantu al-Qaeda. Ia mengatakan, terorisme Islam memanfaatkan kondisi ekonomi yang buruk untuk memprovokasi orang awam melawan pemerintah.

“Berbeda dengan semua kelompok teroris, Iran adalah satu-satunya negara pendukung terorisme yang memiliki fondasi kuat, hasrat memproduksi senjata nuklir, dan perluasan wiayah. Iran merupakan ancaman jangka panjang,”kata Lieberman, seperti dikutip harian Jerusalem Post dari tempat berlangsungnya konferensi.

Menteri perang Israel mengklaim, anggaran IRGC telah meningkat 40 persen dalam setahun terakhir. “Hizbullah dan Hamas tidak bisa bertahan tanpa adanya bantuan Iran,”ujarnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL