Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah senator kongres AS mengajukan sebuah resolusi yang meminta Donald Trump untuk mengembalikan AS ke kesepakatan nuklir (JCPOA).

Mereka yang mengajukan resolusi ini adalah Senator Barbara Lee, David Price, dan John Schakowsky dari Partai Demokrat. Selain meminta pemerintahan Trump untuk kembali ke JCPOA, mereka juga menuntut tindakan segera untuk mengurangi ketegangan dengan Iran, serta mengatasi semua masalah dengan Teheran melalui cara diplomatik.

Baca: UE: Pengurangan Komitmen Iran Kepada JCPOA Tidak Signifikan

“Kebijakan Trump di hadapan Iran adalah penyebab semua krisis ini. Sebagai orang yang berperan penting dalam mendukung JCPOA di kongres, saya prihatin melihat kita dalam situasi yang bisa menyeret konfrontasi dengan Iran,”kata Lee.

“Kita butuh sikap diplomatis baru dan permanen untuk menjauhkan AS dari jalur perang, serta mengembalikannya ke jalur perdamaian. Ini adalah hal yang diminta dalam resolusi ini,”imbuhnya.

Price juga berpendapat, tindakan Trump keluar dari JCPOA adalah pemicu meningkatnya ketegangan AS-Iran.

“Resolusi ini menyampaikan pesan kuat kepada pemerintah: kita harus kembali ke JCPOA dan sikap diplomatik yang bermakna…Perdamaian, keamanan, dan kepemimpinan AS berada di ambang bahaya,”kata Price. (af/alalam)

Baca Juga:

Pemimpin Iran: Arogansi Barat Hanya Efektif di Hadapan Negara-negara Lemah

Iran Bantah Bersedia Merundingkan Proyek Rudalnya

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*