Potret ledakan yang terjadi di Ibu Kota Ghana, Accra, pada Sabtu (7/10). (Sumber: al-Jazeera)

Accra,LiputanIslam.com—Para penduduk yang ketakutan berlarian meninggalkan tempat tinggal mereka akibat ledakan yang terjadi di sebelah Timur Laut Ibu Kota Ghana, Accra, pada Sabtu kemarin (8/10). Ledakan besar yang mengguncang Ibu Kota Ghana ini terjadi di sebuah stasiun pengisian gas.

Para petugas setempat mengatakan bahwa ledakan ini telah memakan korban jiwa. Namun, jumlahnya belum diketahui hingga kini.

“Malangnya, ledakan ini turut menelan korban jiwa dan sampai saat ini kami tengah berupaya untuk mengevakuasi para korban,” ucap perwakilan Menteri bidang Informasi, Kojo Oppong Nkrumah kepada stasiun radio setempat. “Ada banyak sekali korban yang terluka,” tambahnya.

Ledakan pertama terjadi di stasiun pengisian gas milik pemerintah, GOIL. Api pun menjalar ke SPBU yang terletak di seberangnya. Ledakan berikutnya pun terjadi dan menyebabkan gumpalan bola api beterbangan ke langit. Penduduk yang merasa ketakutan, berlarian menjauh dari tempat tinggal mereka yang berada di dekat lokasi kejadian.

“Hingga kini, sebab terjadinya ledakan belum dapat diketahui. Kami akan terus melakukan penyelidikan,” ucap jubir petugas pemadam kebakaran Ghana, Billy Anaglate, kepada Kantor berita AFP. Ia melanjutkan bahwa beberapa kendaraan pun ikut terbakar akibat ledakan tersebut.

Enam mobil pemadam dan 200 personil kepolisian diturunkan untuk menangani kejadian ini. Beberapa ambulan tampak membawa beberapa korban yang terluka ke rumah sakit terdekat.

Wartawan al-Jazeera, Ama Boateng, melaporkan keadaan di Accra yang mencekam. Banyak orang merasa ketakutan akibat ledakan yang terjadi di kawasan padat penduduk ini.

“Ini adalah persimpangan yang menjadi jalur utama untuk keluar kota,” ungkapnya. “Ada banyak bangunan dan pedagang jalanan di wilayah ini.” Pungkasnnya di akhir pembicaraan. (fd/al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL