Balkh,LiputanIslam.com—Baru-baru ini, kelompok militan Taliban telah menyebabkan terbunuhnya lebih dari 10 orang di Provinsi Balkh, utara Afganistan.

Berbagai sumber pemerintah lokal telah melaporkan bahwa kelompok militan Taliban menyerang sebuah masjid pada Sabtu sore (1/7). Akibatnya, lebih dari sepuluh orang meninggal dunia. Para petugas rumah sakit lokal juga mengatakan bahwa mereka telah menemukan puluhan peluru di tubuh 13 korban.

Juru bicara kelompok Taliban, Zabiullah Mujahid, mengatakan bahwa kelompoknya adalah dalang dibalik serangan tersebut. Ia mengatakan bahwa 12 orang, termasuk tiga orang komandan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengamankan wilayah itu, telah tewas dan satu orang mengalami luka-luka.

Mujahid juga mengklaim bahwa kelompok militan telah merampas beberapa buah senjata, amunisi, dan granat dari para korban.

Meski begitu, anggota parlemen yang mewaliki Provinsi Balkh, Gulalai Noor Sapai, menolak klaim kelompok taliban tersebut dan mengatakan bahwa tragedi pembunuhan itu hanya menargetkan warga sipil dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemerintah atau pun institusi keamanan negara.

Terbunuhnya “Gubernur” Taliban.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Afganistan mengumumkan pada Sabtu (1/7) bahwa seorang “gubernur” kelompok militan Taliban telah tewas dalam pertempuran melawan pasukan keamanan di sebelah Timur Provinsi Wardak.

Berdasarkan atas pernyataan tersebut, Mullah Bashir, Seorang “gubernur” Taliban yang berkuasa di wilayah Nirkh, telah tewas dan dua orang anggota Taliban mengalami luka-luka pada pertempuran yang berlangsung Jum’at malam.

Dalam pernyataannya yang lain, menteri tersebut mengatakan bahwa setidaknya 13 anggota militan, termasuk lima anggota kelompok teroris ISIS, juga telah tewas terkena serangan pesawat udara pemerintah di Paktika, Sar-e Pul, dan Provinsi Jawzjan. Selain itu, serangan pemerintah tersebut juga berhasil menghancurkan senjata dan kendaraan kelompok militan. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL