Iran Test-Fired High Precision Ballistic Missile with Range of 2000 KilometersTeheran, LiputanIslam.com — Iran melakukan uji coba rudal balistik dengan jangkauan 2.000 km, dengan margin of erros 8 meter, yang artinya bahwa titik kekeliruan rudal adalah nol.

“Kami bisa memandu (pengoperasian-red) rudal ini,” jelas Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Brigadir Jenderal Ali Abdollahi, namun ia menolak untuk memberikan rincian tentang jenis/ nama rudal lebih lanjut.

Angkatan Bersenjata Iran, tambah Jenderal Ali, telah mengalokasikan 10% anggaran pertahanan untuk proyek-proyek penelitian yang bertujuan memperkuat pertahanan negara.

Seperti dilansir Al Alam (9/5/2016) Iran berulang kali menegaskan bahwa mereka tidak ada keraguan sedikitpun untuk memperkuat kemampuan militernya, termasuk rudal. Namun semua pertahanan ini memiliki tujuan defensif (bertahan), dengan catatan bahwa pertahanan Iran tidak akan bisa ditundukkan hanya dengan negosiasi.

Akhir Maret lalu, Pemimpin Revolusi Islam Iran Ayatollah Sayyed Ali Khamenei menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kemampuan pertahanan Iran, mengingat musuh memanfaatkan setiap sendi yang tersedia untuk meruntuhkan negara Mullah tersebut.

Pada bulan Maret lalu, IRGC menguji dua jenis rudal balistik Qads selama latihan skala besar, dengan sandi “Might of Velayat”. Dua rudal balistik, Qadr-H dan Qadr-F, diluncurkan dari pegunungan Alborz Timur, di wilayah utara Iran dan mencapai targetnya di Pantai Makran (tenggara Iran).

Amerika Serikat menyuarakan keprihatinannya atas program rudal Iran, yang dianggap merupakan ancaman bagi keamanan kawasan.

“AS khawatir tentang sistem rudal Iran; dan mereka memiliki hak untuk khawatir, karena sistem rudal Iran tentu akan membuat mereka sadar, siapa yang sedang mereka hadapi. Iran dengan rudal balistik jelas berbeda dengan Iran yang tanpa rudal. Karena memiliki rudal balistik, Iran tidak akan diperlakukan sebagaimana AS dan sekutunya memperlakukan Yaman, Irak, dan Afghanistan. Oleh karena itu, dalam menghadapi Iran, AS harus melupakan opsi militer yang pernah terletak di atas meja,” tulis Kobra Asupar di Koran Javan. Baca: Iran Melawan Lupa: Balasan Terhadap Rudal Adalah Rudal. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL