NewYork,LiputanIslam.com-Dubes Kuwait di PBB turut menyangsikan versi AS tentang peristiwa serangan terhadap dua kapal tanker di Laut Oman.

Dilansir dari al-Jazeera, Mansour al-Utaibi menyatakan, sulit untuk membuktikan bahwa perahu dalam klip video yang dipublikasikan AS adalah milik Iran. Saat ini, Kuwait adalah ketua Dewan Keamanan PBB.

Angkatan Laut AS pada Jumat (14/6) merilis video yang di situ diklaim bahwa sebuah perahu Iran tengah mengambil ranjau yang tak berfungsi dari lambung kapal tanker asal Jepang, Kokuka.

Baca: Iran dan AS Saling Tuding Terkait Serangan di Perairan Teluk

Sebelum dubes Kuwait di PBB, Yutaka Katada (pemilik salah satu tanker yang terbakar di Laut Oman) juga menyatakan, versi Washington tentang cara penyerangan ke kapal tanker adalah keliru.

Natalie Tocci, salah satu penasihat Federica Mogherini (komisioner urusan luar negeri Uni Eropa), juga sama-sama meragukan klaim AS tentang keterlibatan Iran dalam insiden di Laut Oman. Dia mengatakan,”Sebelum menyalahkan siapa pun, kita membutuhkan bukti-bukti yang terpercaya.”

Tocci berpendapat, Iran adalah “pemain yang rasional.” Menurutnya, bahwa orang-orang Iran menyerang sebuah kapal tanker Jepang di saat Shinzo Abe (PM Jepang) sedang berada di Teheran, “bukan sebuah tindakan yang masuk akal.”

Menyusul insiden terbakarnya dua kapal tanker di Laut Oman, AS, tanpa mengajukan bukti kuat, langsung menuding Iran terlibat dalam kejadian tersebut. Mike Pompeo (menlu AS) pada Jumat (14/6) mengklaim, berdasarkan penilaian Washington, Iran adalah pelaku serangan.

Donald Trump dalam wawancara dengan Fox News juga menyuarakan tuduhan serupa terhadap Teheran. (af/alalam)

Baca:

Iran Sebut Serangan terhadap Tanker Minyak di Teluk Oman “Mencurigakan”

AP: Pengakuan Pemilik Kapal Jepang Bantah Tuduhan AS atas Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*