Washington,LiputanIslam.com-Menantu Donald Trump menyatakan, berbagai kelompok Palestina telah menyebabkan kegagalan lokakarya ekonomi Manama.

Pengakuan ini disampaikan Jared Kushner dalam wawancara via telepon dengan para jurnalis Arab dan Israel, Minggu (7/7).

“Para petinggi Palestina telah menekan para pengusaha dan peserta lokakarya Manama, sehingga lokakarya itu gagal,”kata Kushner, seperti dilansir Haaretz.

BacaAbbas: Palestina Tolak Mediasi AS

Sebelum ini, Mahmoud Abbas (ketua PLO) menyatakan, “Kesepakatan Abad Ini” tidak akan berhasil dan orang-orang Palestina akan menggagalkan rencana yang digagas AS tersebut.

“Banyak pengusaha dan perwakilan korporasi yang ingin hadir di Manama, namun mereka tidak mendapat dukungan. Tanpa kehadiran para pemimpin Palestina, rencana ekonomi ini tidak akan sempurna,”ujar Kushner.

Lokakarya Manama diselenggarakan pada 25-26 Juni lalu dengan mengusung tema “Perdamaian untuk Perkembangan Ekonomi.”

Kushner mengklaim, rencananya 28 milyar dolar dari total 50 milyar dolar akan diinvestasikan di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Namun, katanya, investasi ini tak bisa diwujudkan selama para pemimpin Palestina tidak mengubah pendirian mereka.

“Sejumlah perwakilan dari Afrika hadir di Manama. Mereka mengatakan, jika Palestina enggan menyambut penanaman modal, mereka akan menyambut baik investasi ekonomi AS dan negara-negara dunia di benua Afrika,”aku Kushner.

Lokakarya Manama dihadiri sejumlah negara Arab, seperti Maroko, Yordania, Mesir, UEA, dan Saudi, termasuk Bahrain sebagai tuan rumah. Lokakarya itu diboikot kelompok-kelompok Palestina lantaran disebut sebagai mukadimah untuk normalisasi hubungan Israel-Arab. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Sopir Palestina Gilas 5 Marinir Zionis dengan Mobil

Israel Nyatakan Siap Keroyok Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*