Damaskus,LiputanIslam.com-Jenderal Josep Votel melakukan kunjungan rahasia ke utara Suriah, menyusul lampu hijau dari Washington untuk menambah jumlah serdadu AS di negara ini.

Votel adalah perwira yang mengawasi operasi militer AS terhadap ISIS di Irak dan Suriah. Jumat (24/2) kemarin dia mengunjungi Kobani dan Raqqah serta menemui para petinggi Pasukan Demokratis Suriah (SDF). Pasukan ini adalah gabungan dari serdadu Kurdi, Arab, dan Turkaman.

Talal Selo, juru bicara SDF, mengatakan, Votel dalam pertemuan ini membahas tentang operasi pembebasan Raqqah dan cara-cara untuk meningkatkan kerjasama dan dukungan terhadap kelompok oposisi.

Sejak November 2016, SDF telah memulai operasi untuk memukul mundur ISIS dari Raqqah. Mereka berhasil mengambil alih kendali atas sejumlah kawasan di Lembah Sungai Euprath. Kelompok oposisi ini melakukannya dengan bantuan serangan udara koalisi pimpinan AS yang mulai beroperasi di Suriah sejak 2014.

Votel juga dilaporkan bertemu dengan sejumlah pejabat Turki yang tidak senang atas hubungan Washington dengan SDF.

Dilaporkan bahwa sekitar dua per tiga dari 30 ribu milisi SDF berasal dari Unit Pembela Rakyat Kurdi (YPG), yang disebut Turki sebagai ‘kelompok teroris.’

Sejak Agustus 2016, Turki menjalankan operasi militer di Suriah dengan dalih mengusir para milisi Kurdi dan teroris ISIS dari perbatasannya dengan Suriah. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL