Khartoum,LiputanIslam.com-Dilansir dari stasiun televisi al-Hadath, sejumlah sumber menyatakan kepada stasiun ini tentang terjadinya kudeta militer di Sudan.

Menurut sumber-sumber tersebut, militer Sudan memutuskan untuk melengserkan Omar al-Bashir (presiden Sudan) dari semua jabatannya. Militer Sudan juga dikabarkan menahan Abdurrahim Muhammad Husain, mantan menteri pertahanan negara tersebut.

Sekira 100 orang dari orang-orang dekat al-Bashir, termasuk perdana menteri Sudan, juga telah ditangkap oleh tentara.

Stasiun televisi al-Hadath juga mengabarkan, al-Bashir telah ditahan paksa oleh militer negara di Afrika itu.

Militer Sudan mengumumkan dibentuknya dewan transisi yang dipimpin oleh Panglima Tertinggi Awadh bin Auf.

Radio resmi Sudan mengumumkan akan menyiarkan statemen penting dari militer beberapa jam lagi. Sejumlah perwira militer Sudan telah memasuki gedung radio. Mereka meminta agar statemen militer disiarkan melalui seluruh frekuensi radio.

Radio dan televisi Sudan telah menghentikan program regulernya dan mengumumkan agar masyarakat menanti siaran pernyataan penting dari pihak militer.

Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di depan kantor pemerintahan di Khartoum dan menuntut agar al-Bashir mengundurkan diri. Massa yang berkelompok di lapangan dan jalanan Sudan akan tetap bertahan di sana sampai statemen dari militer disiarkan.

Bandara Khartoum juga telah ditutup menyusul terjadinya kudeta. Sejumlah besar tentara Sudan juga telah ditempatkan di sejumlah titik di Khartoum. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*