Washington,LiputanIslam.com-Menteri Luar Negeri Amerika mengkritik kebijakan-kebijakan politik China dan di saat yang sama, menghendaki peningkatan hubungan strategis antara Amerika dan India.

Menurut laporan Associated Press, Rex Tillerson menjelang kunjungannya ke Asia Selatan berbicara tentang hubungan Washington-New Delhi. Dia menyebut Amerika dan India sebagai “demokrasi terbesar di dunia.”

Dalam kesempatan itu, Tillerson mengecam tindakan-tindakan Beijing di Laut China Selatan dan menganggapnya sebagai tindakan provokatif. China juga dituduhnya berupaya mengacaukan ketertiban internasional. Menurutnya, Amerika dan India harus bahu membahu melawan tindakan-tindakan China.

Dia mengklaim, Washington ingin mewujudkan hubungan konstruktif dengan Beijing. Namun, karena China melanggar aturan internasional dan tidak menghormati kedaulatan negara-negara tetangganya, yang sekaligus sekutu Amerika, maka Washington tidak bisa tinggal diam.

“India membutuhkan sekutu yang bisa dipercaya dalam taraf internasional. Saya tegaskan, Amerika adalah partner yang dibutuhkan India demi mewujudkan stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan dunia,”ujar Tillerson. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL