Pyongyang,LiputanIslam.com-Korut mengecam media-media pemerintah China karena mengkritik program rudal dan nuklir Pyongyang. China dituding telah menyerah di hadapan tekanan-tekanan Amerika.

Menurut laporan Associated Press, kantor berita resmi Korut memajang sejumlah kutipan media-media China yang mengkritik progran nuklirnya. Media China pernah menyatakan, program persenjataan Korut ibarat “sebuah tali yang dilingkarkan Pyongyang di lehernya.”

Kantor berita resmi Korut menuduh media-media China ikut campur dalam urusan internal negara lain. Media-media China dihujat karena “tidak menjalankan misi media, yaitu menjaga sikap netral dan tidak memihak siapa pun.”

Pemerintah China juga diminta agar memikirkan pekerjaan mereka sendiri sebelum menuding pihak lain.

Dalam beberapa bulan terakhir, pernyataan keras Amerika menyusul uji coba nuklir yang dilakukan Korut telah meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea. Program misil dan nuklir Pyongyang dituduh melanggar resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB.

Baru-baru ini Korut telah melakukan uji coba nuklir keenam dan lebih kuat dari uji coba sebelumnya. Setelah Trump mengecam Korut dalam sidang umum PBB ke-72, menlu Korut menyatakan, negaranya mungkin akan melakukan uji coba bom hidrogen di Samudera Pasifik. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL