Pyongyang,LiputanIslam.com-Menurut laporan Sky News, juru bicara kemenlu Korut menyatakan, blokade laut adalah pelanggaran nyata atas kedaulatan wilayah Pyongyang.

“Upaya Donald Trump untuk memblokade Korut adalah tindakan berbahaya Washington yang bisa menyulut perang nuklir,”tegas pejabat tersebut.

Kantor berita resmi Korut menyatakan,”Jika Amerika dan sekutunya ingin memblokade negara kami, kami akan menganggapnya sebagai pernyataan perang. Seperti yang telah kami peringatkan berkali-kali sebelum ini, kami akan mengambil langkah yang diperlukan guna menghadapinya.”

Pernyataan kemenlu Korut ini disampaikan menyusul statemen Kim Jong-un pada Selasa lalu (12/12) bahwa tujuan Korut adalah menjadi kekuatan atom terbesar dunia.

Korut pada pekan lalu mengumumkan, latihan perang Amerika-Korsel di Semenanjung Korea adalah sebuah ancaman dan menjadikan timbulnya perang di kawasan itu sebagai “realitas tak terbantahkan.”

Sebelum ini, Korut telah melakukan uji coba rudal terbarunya. Menurut para pakar, dengan melihat sudut peluncuran rudal dan ketinggiannya, jika rudal itu ditembakkan sesuai standar, ia bisa menempuh jarak 13 ribu kilometer dan mampu menjangkau wilayah Amerika. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL