Beijing,LiputanIslam.com-Kantor berita Korsel, Yonhap, mengabarkan bahwa Kim Jong-un tengah berada di Tiongkok sejak Minggu hingga Rabu ini.

Dalam pertemuan dengan presiden Tiongkok, Xi Jin Ping.pemimpin Korut menegaskan bahwa negaranya berniat melucuti senjata nuklirnya.

Yonhap menyebut kunjungan ini sebagai pertemuan nonresmi dan tak terduga. Pertemuan tersebut juga disebut sebagai pertemuan tingkat kepala negara.

Ini adalah kunjungan luar negeri pertama Kim usai dia menjadi pemimpin Korut. Dia menggantikan ayahnya, Kim Jung-il, yang meninggal dunia pada tahun 2011.

Kian dekatnya jadwal pertemuan Kim dengan para petinggi Korsel dan AS disebut-sebut sebagai salah satu motif pertemuan itu. Kim direncanakan bertemu dengan pemimpin Korsel dan AS pada dua bulan mendatang.

Di saat yang sama, Korut tak ingin hubungannya dengan Tiongkok menjadi goyah. Kunjungan ini dinilai sebagai upaya Pyongyang untuk menguatkan hubungan dengan Beijing, terutama saat Korut menghadapi embargo-embargo berat dan Tiongkok adalah penyokong ekonomi terbesarnya.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Kim mengatakan kepada Xi bahwa kondisi Semenanjung Korea telah membaik dan stabil berkat kebijakannya.

Dia menambahkan, para pemimpin Korut dari dahulu berkomitmen untuk memusnahkan senjata nuklir, begitu pula dengan pemimpin sekarang. Namun, menurutnya, itu bergantung kepada AS dan Korsel.

“Jika AS dan Korsel menunjukkan itikad baik untuk mewujudkan perdamaian, maka proses pemusnahan senjata nuklir bisa dilaksanakan,”ujar Kim seperti dilansir Xinhua. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*