Pyongyang,LiputanIslam.com-Kemenlu Korut melalui statemen yang dirilis Senin (11/9) menyatakan, dunia akan melihat bahwa Republik Demokratik Rakyat Korea akan mengambil tindakan untuk menjinakkan para gangster Amerika.

Menurut laporan AFP, Korut mengancam Amerika akan membayar mahal jika berani membuat resolusi ilegal untuk menjatuhkan sanksi lebih berat atasnya.

“Tindakan Korut berikutnya akan menyebabkan Amerika mengalami penderitaan terpahit dalam sejarahnya,”demikian yang disebutkan dalam statemen kemenlu Korut.

Dewan Keamanan berencana mengadakan rapat hari ini untuk membahas draft baru terkait sanksi atas Korut. Draft ini disusun Amerika dan mereka meminta pemungutan suara dilakukan pada hari ini.

Amerika menuntut agar Korut dijatuhi embargo impor minyak, pembekuan aset Kim Jong-un (pemimpin Korut), dan pemutusan gaji para pekerja Korut di luar negeri.

Draft ini disusun Amerika menyusul uji coba bom hidrogen Korut pekan lalu. Uji coba itu merupakan uji coba nuklir terbesar yang pernah dilakukan negara tetangga Korsel tersebut.

Kim Jong-un memuji para ilmuwan negaranya atas keberhasilan uji coba hidrogen itu. Dia juga meminta agar mereka membuat lebih banyak senjata lagi.

Korut mengklaim, pihaknya membutuhkan bom nuklir untuk mempertahankan diri. Namun Nikki Haley, wakil Amerika di PBB, menyatakan bahwa Korut sedang ‘memohon-mohon’ untuk berperang. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL