Seoul,LiputanIslam.com—Kementerian Pertahanan Korea Selatan melaporkan bahwa Korut telah menembakkan rudalnya pada Kamis (8/6), dari arah pantai ke arah laut. Kementerian tersebut meyakini bahwa itu adalah rudal balistik.

Ia mengatakan bahwa “ Pagi ini, Korea Utara telah meluncurkan beberapa rudal ke arah permukaan laut. Peluncuran rudal ini dilakukan di dekat kota Wonsan,” sebuah kota pesisir yang terletak di sebelah timur negara tersebut.

Ini adalah percobaan ke empat yang dilakukan oleh Pyongyang dalam kurun waktu kurang dari empat Minggu, sekalipun Dewan Keamanan PBB telah melarang negara tersebut untuk melakukan hal ini sejak tahun 2006.

Hingga kini, Korea Utara terus berusaha untuk mengembangkan rudal jarak jauh yang dilengkapi dengan hulu ledak nuklir. Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan sanksi terhadap 18 pejabat dan perusahaan di Korea Utara. Sementara itu, Amerika Serikat berjanji untuk merespon aktivitas uji coba nuklir dan rudal yang dilakukan oleh Korut tersebut.

Menanggapi ancaman itu, Pyongyang mengatakan bahwa uji coba rudal dan nuklir merupakan hak negaranya sebagai bentuk pertahanan atas ancaman militer AS dan Korea Selatan, sekutu AS di kawasan itu. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL