Riyadh,LiputanIslam.com-Seiring dengan upaya Saudi untuk menormalisasi hubungan dengan Rezim Zionis, sebuah harian Saudi, Makkah, memuji sikap Netanyahu terhadap tragedi serangan kimia Khan Sheikhoun.

Dalam catatan berjudul “Syukran, Netanyahu” tersebut, penulis menyatakan,”Kami berterima kasih kepada Netanyahu, karena dia termasuk orang yang pertama kali mengutuk kejahatan di Khan Sheikhoun. Foto-foto dari tragedi tersebut melukai perasaan tiap manusia. Israel mengecam keras penggunaan senjata kimia, khususnya terhadap warga tanpa dosa. Israel menuntut sikap manusiawi dari kita!”

Tahun lalu, mantan konsultan Raja Saudi bersama rombongannya menemui pejabat Kemenlu Israel di Palestina. Ini adalah bukti bahwa Saudi berupaya menormalisasi hubungannya dengan Rezim Zionis.

Penulis rubrik opini di Makkah tidak menyinggung peran Amerika dan Israel dalam krisis regional Timur Tengah. Dia juga tidak menyebut-nyebut upaya Saudi yang menentang poros perlawanan terhadap Israel seperti Hizbullah.

Dia menulis,”Sudah 50 tahun kita membanggakan status kita sebagai orang Arab dan merendahkan orang-orang Israel.. Negara-negara Islam dan Arab tidak meraih kemajuan dan hanya mendapatkan perang serta kemiskinan. Namun, sebagaimana yang diungkapkan Netanyahu, semua yang dilakukan Israel telah mengubah dunia. Kemajuan Israel di bidang kedokteran, komunikasi, internet, dan sebagainya telah mengubah banyak hal.”

Koran Saudi ini mengklaim, Netanyahu menuntut keadilan dan qishash (!). Dia meminta agar masyarakat internasional melaksanakan janjinya pada 2013 untuk melucuti senjata kimia Suriah.

Suriah dituduh melakukan serangan kimia, padahal organisasi pelarangan senjata kimia internasional di tahun 2014 telah menyatakan, Suriah telah bekerjasama dalam menyerahkan semua persediaan senjata kimianya kepada organisasi ini. (af/farsnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL