TelAviv,LiputanIslam.com-Menurut laporan situs Jerusalem Post, mantan kepala biro intelijen Rezim Zionis menyatakan, ancaman terbesar bagi kelangsungan Israel adalah potensi perang saudara, bukan Iran.

Tamir Pardo yang jarang tampil di depan khalayak ramai, menghadiri sebuah pertemuan terbuka pada Senin (25/12). Menurutnya, rudal-rudal Hamas atau Hizbullah bukan bahaya terbesar bagi Israel, tapi kemungkinan terjadinya kerusuhan dalam negeri.

Saat ditanya pembawa acara: manakah ancaman yang paling membahayakan Israel antara Iran, perseteruan internal, atau konflik dengan Palestina, mantan kepala Mossad ini memilih dua pilihan terakhir.

Sebelum ini di tahun 2016, Pardo pernah mengisyaratkan bahwa Rezim Zionis tengah menuju ke arah perang saudara. Pada tahun 2017, ia juga menyatakan, ketidakmampuan untuk mengatasi konflik dengan Palestina akan membuat posisi Israel tersudut saat berhadapan dengan Iran.

Meski demikian, dalam pertemuan tersebut Pardo lebih banyak berbicara tentang masalah keamanan cyber. Dia berpendapat, banyak negara yang meremehkan kekuatan perang cyber.

“Perang cyber memang tampak ‘tenang dan lunak,’ namun ia bisa lebih membawa kerugian (terhadap musuh) daripada operasi militer,”ungkap Pardo. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL