Washington,LiputanIslam-Seorang pejabat pemerintah AS melaporkan kepada Kongres, bahwa komunitas intelijen negara itu tidak menemukan bukti kerjasama Iran dan al-Qaeda.

Kesimpulan ini diserahkan kepada harian The Daily Beast oleh tiga sumber terpercaya. Kesimpulan ini otomatis akan mementahkan alasan yang bisa digunakan pemerintah AS untuk menjustifikasi serangan ke Iran.

Penilaian ini dibahas dalam rapat tertutup pada Selasa (21/5). Pertemuan itu dihadiri sejumlah pejabat senior pemerintahan Donald Trump dan anggota Majelis Perwakilan AS.

Menurut seorang sumber, salah satu pejabat kabinet Trump yang hadir di pertemuan itu mengaku, pemerintah tak punya bukti soal koordinasi operasional antara Teheran dan al-Qaeda.

Pada bulan lalu, Mike Pompeo (menlu AS) dalam sebuah konferensi pers mengklaim, hubungan Iran dan al-Qaeda “sangat nyata.” Klaim ini dilontarkan Pompeo tanpa menunjukkan bukti-buktinya.

Saat itu, banyak pihak menilai, Pompeo tengah berupaya mencari-cari dalih untuk menjustifikasi tindakan militer atas Iran. Berdasarkan hukum AS, jika pemerintah bisa membuktikan bahwa suatu negara atau kelompok bekerjasama dengan teroris, hingga dinilai sebagai ancaman untuk AS, maka pemerintah bisa menyatakan perang tanpa izin dari Kongres.

John Bolton (penasihat keamanan nasional AS) beberapa pekan lalu mengumumkan, AS telah mengirim kapal induk USS Abraham Lincoln ke Teluk Persia “untuk menghadapi ancaman Iran.”

Belakangan terungkap bahwa kapal induk itu berangkat ke kawasan sesuai jadwal sebelumnya, bukan demi misi yang diklaim Bolton.

Dua media AS pada pekan lalu mengabarkan, Trump tidak menyetujui sikap sejumlah bawahannya yang menggiring opini bahwa akan terjadi perang antara AS dan Iran.

Menurut CNN, Trump berkeyakinan bahwa intervensi militer di Iran akan berdampak destruktif baginya secara politis.

Mengutip dari sejumlah pejabat AS, Washington Post menulis bahwa Trump lebih suka menyelesaikan ketegangan dengan Iran melalui jalur diplomatik. (af/alalam/fars)

 

Berita Terkait:

AS Cuma Membual, Teluk Persia Lebih Senyap dari Biasanya

Zarif kepada Trump: Jangan Pernah Menggertak Orang Iran

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*