Tal Afar,LiputanIslam.com—Para petinggi militer Irak dan AS menyampaikan pada Kamis (24/8) bahwa mereka telah berhasil mengepung kelompok militan ISIS yang ada di Kota Tal Afar, Irak.

“Musuh sudah benar-benar terkepung,” ucap Ryan Dillon, juru bicara koalisi pimpinan AS melawan ISIS, pada Kamis, dalam sebuah konferensi pers bersama juru bicara militer Irak, Yahya Rasool.

Hingga kini, militer Irak telah berhasil merebut beberapa wilyah kunci di Tal Afar dari cengkraman ISIS, sejak operasi militer dimulai pada Minggu lalu.

Rasool menyampaikan bahwa dari 2.000 militan ISIS yang ada di kota itu, 300 di antara telah menemui ajal.

Dalam konferensi pers mingguan yang digelar pada Selasa lalu, PM Haider Al-Abadi, mengatakan bahwa progres yang ditunjukkan militer Irak di Tal Afar sangat luar biasa. “Tanda-tanda hancurnya ISIS sudah mulai terlihat,” ucapnya.

Tal Afar dan beberap wilayah di sekitarnya merupakan sarang terakhir ISIS di Irak, setelah sebelumnya mereka ditendang dari Kota Mosul oleh militer Irak. Tal Afar terletak sekitar 70 km dari Kota Mosul. Kota ini dihuni oleh sekitar 200.000 orang. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL