TalAfar,LiputanIslam.com-Komandan operasi militer menepis isu kesepakatan tentara Irak dengan ISIS di Tal Afar. Dia menegaskan, 115 personel dari pasukan Irak telah gugur dalam operasi pembebasan kota ini.

“Sejumlah anggota ISIS terbunuh dalam operasi ini. Sisanya melarikan diri ke al-Iyadhiyah dan daerah barat Tal Afar setelah bertemu pasukan kami,”kata Abdul Amir Rashid Yarullah, sebagaimana dikutip oleh kanal Sumaria News.

Setelah tercerai berainya barisan ISIS di Tal Afar dan sterilisasi kota ini dalam waktu kurang dari 10 hari, sebagian orang menduga-duga kemungkinan adanya kesepakatan antara tentara Irak dengan ISIS agar mereka bisa keluar dengan selamat.

Mantan perdana menteri Irak, Nouri Maliki, pada Rabu (30/8) mengatakan,”Semua tahu bahwa Tal Afar dibebaskan dengan kesepakatan, bukan dengan perang.”

Yarullah mengatakan,”Tak satupun teroris yang menyerah diri, juga tidak ada kesepakatan yang dijalin dengan ISIS. Dalam kamus kami, tak ada kata kesepakatan dengan mereka. Kami akan memberantas musuh di Huwaijah, pesisir timur Sharqath, dan barat al-Anbar.”

Menurutnya, 115 orang dari pasukan Irak telah gugur dan 679 dari mereka terluka selama 12 hari operasi pembebasan Tal Afar. “Siapa pun yang mengetahui statistik ini, tahu bahwa kami berperang sengit dengan ISIS,”lanjutnya. (af/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL