Washington,LiputanIslam.com—Seorang komandan tinggi AS menyampaikan rencana Washington untuk mempertahankan sisa-sisa militer AS di Irak, bahkan setelah pemberantasan ISIS berhasil dilakukan.

Letnan Jenderal Stephen Townsend mengatakan pada Selasa (11/7) bahwa Amerika Serikat dan beberapa sekutunya tertarik untuk mempertahankan eksistensi militer mereka di negara Arab tersebut, sekalipun telah berhasil mengalahkan kelompok teroris ISIS.

“Basis militer kami di Irak sudah cukup kuat. Dari negara ini kami bisa mendistribusikan militer kami ke seluruh negeri, terutama untuk mengalahkan ISIS,” ucapnya.

Townsend juga mengklaim bahwa pemerintah Irak telah menyatakan ketertarikannya akan gagasan tersebut. Bahkan diskusi untuk menetapkan keputusan akhir, sedang dilakukan.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, secara resmi mengumumkan kemenangan atas ISIS di Kota Mosul pada 10 Juli kemarin.

AS dan sekutu-sekutunya mengaku telah membombardir kelompok ISIS di Irak dan Suriah sejak 2014. Koalisi tersebut telah berulang kali dituduh menargetkan warga sipil. Meski begitu, AS masih tetap tak mampu memenuhi tujuannya untuk melenyapkan ISIS.

Pentagon juga telah mengakui bahwa militer AS telah membunuh 500 warga sipil dalam tiga bulan terakhir. Namun, kelompok pengamat lainnya justru mengatakan bahwa jumlah warga sipil yang meninggal mencapai 3.800 jiwa. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL