Riyadh,LiputanIslam.com—Komandan utama militer AS, Jenderal Joseph Votel, lakukan kunjungan perdananya ke pangkalang militer Arab Saudi yang ada di perbatasan Arab Saudi-Yaman, Rabu (23/8). Kunjungan ini dilakukan pada hari ketika puluhan warga sipil Yaman meninggal dunia akibat serangan udara aliansi militer pimpinan Arab Saudi ke sebuah hotel di Ibu Kota Sana’a.

Juru bicara militer pusat AS, Kolonel John Thomas, mengatakan bahwa dalam kunjungan itu Votel tidak menyeberang ke wilayah teritorial Yaman. Sekelompok militer yang ikut bersama Votel terpisah di tengah perjalanan, karena rusaknya kendaraan.

“Perjalanan ditempuh Votel sejauh 600 mil dari Riyadh ke wilayah perbatasan Arab Saudi-Yaman, Jizan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan Arab Saudi,” ucap Thomas.

Dalam perjalanan ini, Votel tidak mengizinkan jurnalis mengikutinya. Hal ini menimbulkan tanda tanya besar, sebab Arab Saudi dan Yaman tengah dilanda konflik.

Selain itu, Votel menemui komandan pasukan Arab, Letnan Jenderal Fahd Bin Turki, serta mengunjunyi pusat operasi militer.

Amerika merupakan negara, selain Inggris, yang mengekspor senjata-senjatanya kepada Arab Saudi. Sementara itu, Arab Saudi menggunakan senjata-senjata tersebut untuk menggempur Yaman. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL