Manama,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Bahrain pada Minggu (22/4) mengungkap syarat baru jika Qatar ingin menormalisasi hubungan dengan Bahrain, Saudi, UEA, dan Mesir.

Khalid bin Ahmad Al Khalifa dalam laman Twitter-nya menulis, syarat ke-14 untuk pemulihan hubungan ini adalah Qatar harus mengadili dan menjatuhkan hukuman kepada jajaran direksi stasiun televisi al-Jazeera.

Menlu Bahrain menuduh stasiun televisi Qatar ini menyebarkan kebohongan dan isu-isu yang mengganggu stabilitas negaranya.

Seperti diketahui, Saudi, Bahrain, UEA, dan Mesir pada 5 Juni 2017 menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme dan radikalisme. Empat negara ini lalu memutus hubungan diplomatik serta menutup jalur darat, laut, dan udara dengan Qatar.

Negara-negara pemblokade Qatar pada 24 Juni 2017 mengajukan tiga belas syarat pemulihan hubungan kepada Doha. Di antara syarat-syarat yang diajukan dengan mediasi Kuwait ini adalah penutupan stasiun televisi al-Jazeera.

Syarat-syarat lainnya meliputi penutupan pangkalan militer Turki di Qatar, penghentian kerjasama militer Ankara-Doha, pengurangan hubungan diplomatik Doha-Teheran, pemutusan hubungan dengan Ikhwan al-Muslimin, dan kontak dengan kelompok teroris al-Qaeda serta ISIS. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL