Mosul,LiputanIslam.com-Komandan operasi militer Irak pada Rabu malam (21/6) mengumumkan, ISIS telah meledakkan masjid bersejarah Nouri di Mosul. Hal ini dilakukan menyusul kekalahan beruntun yang diderita ISIS di kota tua Irak tersebut.

Menurut laporan al-Alam, masjid ini diledakkan setelah pasukan Irak mendekati menara bersejarah al-Hadba dan masjid Nouri. Selain meledakkan masjid, ISIS juga menghancurkan rumah sakit dan infrastruktur lain di Mosul.

Sumber-sumber di Irak merilis foto udara yang diambil melalui drone. Foto ini menunjukkan reruntuhan Masjid Agung al-Nouri dan sekitarnya setelah diledakkan ISIS.

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, pada Juni 2014 mengumumkan kekhalifahannya di masjid ini. Oleh karena itu, Masjid al-Nouri memiliki nilai spiritual bagi para anggota ISIS. Peledakan masjid tersebut mengisyaratkan bahwa kelompok teroris ini telah menyatakan kekalahannya di Mosul.

Masjid al-Nouri dibangun oleh Khalifah dari Bani Abbas, al-Mustadhiu billah, pada tahun 568 H (1173 M).

Hingga kini, pasukan Irak yang didukung helikopter sukses mengambil alih lebih dari 60 persen bagian barat Mosul dari tangan ISIS. Saat ini, pertempuran berlangsung di gang-gang daerah Nablus, al-Abar, Mosul Lama, Bab al-Thaub, dan al-Arubah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL